Belajar dari Catherine Wilson, Ini Cara “Beresin” ART Nakal

Catherine Wilson

Rumah artis sekaligus mantan model Catherine Wilson di Cinere, Depok, Jawa Barat belum lama ini dikabarkan kemalingan.

Pelaku yang ternyata bekerja sebagai asisten rumah tangga (ART) di rumah tersebut membawa kabur uang Dollar sekaligus beberapa peralatan untuk shooting Youtube.

Diberitakan detik, pelaku sudah ditangkap oleh pihak kepolisian. Kabarnya, peristiwa ini terjadi pada tangga 10 April 2023 saat Catherine dan suaminya sedang pergi ke Sulawesi.

“Tersangka mengambil uang dollar Amerika dan Singapura milik korban yang tersimpan di atas lemari korban dan mengambil uang rupiah milik korban di lemari,” kata Kapolres Metro Depok Kombes Ahmad Fuady saat dihubungi detik, Senin (1/5/2023).

Total uang yang diambil ART Catherine ternyata terdiri dari US$ 1.000 dan SG$ 400, serta uang tunai Rp 1,7 juta.

Tidak heran, ART menjadi tersangka dalam kasus kemalingan rumah. Hal itu dikarenakan dirinya adalah pihak yang cukup memahami seluk beluk rumah.

Tak mau mengalami hal serupa seperti Catherine Wilson? Berikut adalah tips mengamankan barang-barang di rumah dari risiko kemalingan.

Buat kontrak kerja dengan ART

Kontrak kerja sejatinya berisikan hal yang menyangkut hak dan kewajiban antara pemberi kerja dan ART yang bersangkutan.

Meski tidak bisa menjamin 100% terkait ketiadaan insiden kemalingan, namun dengan adanya kontrak kerja yang jelas, ART akan memahami apa saja konsekuensi yang bakal terjadi jika dirinya melakukan tindak pidana ini.

Kontrak kerja tentu bisa menjadi salah satu cara untuk mengantisipasi risiko yang satu ini.

Pasang kamera CCTV

Keberadaan kamera CCTV di rumah tentu bisa sangat membantu pengawasan rumah di saat Anda sedang pergi jauh. Instalasi CCTV tentu tidak murah dan harus direncanakan jauh-jauh hari.

Akan tetapi, hal ini bisa menjadi sebuah kebutuhan rumah tangga yang cukup penting di kemudian hari.

Meski Anda sudah memiliki CCTV, tetaplah berkoordinasi dengan petugas keamanan di tempat tinggal Anda saat Anda ingin meninggalkan rumah. Berikan informasi yang jelas seputar siapa yang bertugas menjaga rumah Anda dan kepulangan Anda.

Beli Brankas

Brankas tentu bisa menjadi tempat penyimpanan barang berharga seperti perhiasan, uang tunai dan lain sebagainya. Brankas yang bobotnya sangat berat dan dilengkapi dengan kode pengaman bisa Anda taruh di kamar pribadi Anda.

Namun ketahuilah bahwa kekurangan menyimpan barang berharga di brankas sejatinya disebabkan karena kecanggihan dan keamanan brankas itu sendiri.

Hal ini bisa menjadi masalah baru bagi sang pemilik apabila dirinya teledor soal kode brankas hingga lupa cara menggonta-ganti baterainya.

Ketika brankas jarang diakses, maka akan ada potensi di mana pemilik lupa dengan kode serta fitur-fitur keamanan yang ada.

Alhasil pemilik justru tidak bisa mengakses aset-aset yang semestinya bisa diambil di brankas tersebut.

Asuransi properti

Ketahuilah bahwa kamera CCTV dan brankas hanya akan menunda pencuri mengambil barang berharga Anda. Adapun hal yang bisa melindungi itu semua secara finansial adalah asuransi property all-risk.

Asuransi properti bisa menjadi solusi proteksi finansial terhadap rumah dan isinya jika terjadi risiko atau musibah. Di Indonesia, ada dua asuransi properti yang umum dipasarkan, yaitu asuransi kebakaran dan asuransi properti all-risk.

Jika asuransi kebakaran hanya fokus pada perlindungan terhadap properti saat terjadi risiko kebakaran, properti all-risk tentu tidak hanya terbatas dengan kebakaran saja, melainkan risiko lainnya seperti pencurian, perampokan, dan kebanjiran.

Cara kerja asuransi properti pada dasarnya sama saja dengan asuransi umum lainnya. Anda akan membayar uang dalam bentuk premi atau kontribusi berkala ke perusahaan asuransi sesuai dengan perjanjian tertulis. Saat terjadi risiko/musibah, pihak asuransi akan segera melakukan survei untuk melihat tingkat kerugian yang dialami oleh nasabah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*