BPS: Diskon Tarif Tol Saat Mudik Sukses Tekan ‘Momok Lebaran’

Kepadatan di jalan Tol Cikampek, Jawa Barat, Kamis (20/4/2023). (Anadolu Agency via Getty Images)

Diskon tarif tol yang digelar para pengelola jalan tol sukses menjinakkan ganasnya inflasi selama periode mudik Lebaran, termasuk periode Lebaran 2023.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Margo Yuwono mengatakan, untuk tingkat inflasi pada April 2023 yang secara tahunan atau year on year (yoy) sebesar 4,33% atau secara bulanan (month to month/mtm) 0,33%, tidak terkerek tinggi akibat tidak adanya sumbangan dari tarif tol.

“Jadi kalau April ini tarif jalan tol tidak beri andil ke inflasi artinya diskon tarif tol berhasil menekan inflasi,” kata Margo saat konferensi pers di kantornya, Jakarta, Selasa (2/5/2023).

Tingkat inflasi pada masa Idul Fitri atau Lebaran 2023 yang secara mtm 0,33% itu tercatat jauh lebih rendah dari tingkat inflasi Lebaran 2022 yang sebesar 0,40%. Bahkan lebih rendah dari periode 2019 sebesar 0,55%.

Kendari begitu, untuk besaran pengaruh dari diskon tarif tol terhadap komponen inflasi dari kelompok pengeluaran menurut Margo perlu adanya kajian lebih dalam. Namun yang pasti, menurutnya lebaran tahun ini didominasi kendaraan pribadi.

Pergerakan angkutan pribadi yang melewati tol dan arteri pada 2023 mencapai 9,97 juta, naik 175,56% dibandingkan dengan periode arus mudik dan balik Lebaran 2022 yang hanya mencapai 3,59 juta pergerakan.

“Tentu berbagai kebijakan itu memberi hubungan ke inflasi untuk meredamnya dan ini perlu juga dikaji lebih dalam tapi untuk tujuan menurunkan harga juga memengaruhi inflasi di April,” tuturnya.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menegaskan bahwa diskon tarif tol itu merupakan inisiasi dari Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), sehingga tidak ada kompensasi yang harus dipenuhi pemerintah ke mereka.

“Itu dari mereka kok, makanya bukan pemerintah yang mutusin, mereka yang usulkan untuk diskon, ya silahkan,” tuturnya saat ditemui di Isatana Kepresidenan, Jakarta.

Untuk arus mudik lebaran, beberapa ruas tol diantaranya didiskon oleh Astra Infra Toll Road Tangerang Merak sebesar 20% untuk jalan tol Tangerang-Merak. Diskon tarif pada ruas Jalan Tol Tangerang-Merak ini berlaku untuk jarak terjauh (Cikupa – Merak) untuk semua golongan kendaraan.

Selain Tangerang Merak, penerapan diskon tarif juga untuk tol Trans-Sumatera. Setidaknya ada tiga ruas yang disebut akan diberikan diskon tarif sebesar 20%. Tol tersebut dikelola oleh PT Hutama Karya (Persero, yaitu Bakauheni – Terbanggi Besar – Kayu Agung, dan Pekanbaru – Bangkinang, dan Medan Binjai.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk. juga memberlakukan diskon tarif tol hingga 20% di tol Jakarta – Cikampek. Diskon ini berlaku di dua gerbang tol (GT) yakni GT Cikampek Utama menuju/dari arah Trans Jawa dan GT Kalihurip Utama tol Cipularang yang menuju/dari arah Bandung.

Diskon terbesar ada di Jalan Tol Cibitung-Cilincing (JTCC). Besaran diskon tarif di Jalan Tol Cibitung – Cilincing adalah untuk Golongan 1 akan ada diskon sampai 15% dan untuk Golongan 2 & 3 serta Golongan 4 & 5 akan ada diskon tarif hingga 58%.

Hingga arus balik Lebaran 2023, total terdapat 12 ruas tol di seluruh Indonesia yang masih diskon.

Berikut daftar ruas tol yang memberikan diskon selama arus balik Lebaran 2023:

1. Tangerang – Merak : Gol. I – V
2. Jakarta – Cikampek : Gol. I – V
3. Cikampek – Palimanan : Gol. I
4. Palimanan – Kanci : Gol. I – V
5. Kanci – Pejagan : Gol. I – V
6. Pejagan – Pemalang : Gol. I – V
7. Pemalang – Batang : Gol. I – V
8. Batang – Semarang : Gol. I – V
9. Bakauheuni – Terbanggi Besar : Gol. I – V
10. Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung : Gol. I – V
11. Kayu Agung – Palembang – Betung : Gol. I – V

Sementara itu Cibitung – Cilincing memberikan diskon 20% berlaku pada 14 April 2023 pukul 00:00 WIB hingga 30 April 2023 pukul 24:00 WIB.

Kementerian PUPR juga menjelaskan untuk Gol. I ruas tol itu memberikan diskon 15%, Gol. II dan III sebesar 44%, dan Gol. IV dan V sebanyak 58%.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*