Bukan Istana, Ini Alasan di Balik Harga Rumah Menteng Rp450 M

2559/5000
Rumah mewah Florida yang terinspirasi Versailles senilai 159 juta dolar ini siap untuk dilelang — coba lihat ke dalam

Sebuah mansion yang terinspirasi Versailles senilai $ 159 juta di Hillsboro Beach, Florida, berlangsung di blok lelang 15 November.

Rumah seluas lima hektar, Playa Vista Isle, adalah salah satu rumah paling mahal untuk dijual di AS. Rumah itu dianggap paling mahal di AS pada tahun 2015 oleh South Florida Business Journal dan terdaftar oleh Forbes pada tahun 2017 sebagai salah satu dari 18 rumah harga lebih dari $ 100 juta.  (Concierge Auctions via CNBC)

Sebuah rumah dijual dengan harga Rp 450 miliar di kawasan utama Menteng. Rumah ini diyakini sebagai salah satu rumah dengan harga paling tinggi di Indonesia Raya.

Penjual atau broker pun mengungkapkan alasan harga rumah yang fantastis, bukan asal banderol.

“Di Teuku Umar. Prestise, itu harga mahal kalau mau rumah di jalan utama Menteng. Jadi prestise dia di situ, karena bisa terjual menurut orang lain cukup mahal dibanding yang lain, karena dulu tetangganya orang yang bisnis bagus, konglomerat, dia keluarganya tinggal di sana semua, dia harus beli. Di situ prestisenya di jalan yang paling bagus di sana.” kata pemilik Premium Property Yuliartha Sianturi kepada CNBC Indonesia, Rabu (3/5/2023).

“Jadi pertimbangannya dia harus tinggal di situ, selain itu gak mau. Di Menteng juga tapi jalan tertentu gak mau, sudah ada pasar sendiri yang mau jalan itu,” lanjutnya.

Prestise itu yang membuat sebagian kalangan tertentu untuk memiliki rumah di kawasan utama Menteng seperti Teuku Umar dan Jalan Diponegoro. Karena itu, harga berapapun berani ditebus sekalipun lebih mahal.

Selain itu, ada juga kelebihan lain yang dinilai berbeda dibanding rumah lain, yakni dari sisi luas tanahnya. Apalagi rumah ini berada di kawasan utama Menteng yakni Jl Teuku Umar, bukan di kawasan Menteng pinggiran.

“Jarang rumah seluas gini 2600 m2. Memang jarang sekali 2600 m2, hampir gak ada di kawasan utama Menteng, itu yang membuat pemilik percaya diri memasang harga segitu tapi sebenarnya negotiable sekali,” sebut Artha.

Rumah ini terpampang di situs jual beli properti, salah satunya rumah 123.

Disebutkan, rumah ini memiliki luas tanah 2.600 m2 dan luas bangunan 1720 m2. Rumah ini menyediakan area parkiran yang bisa menampung 12 mobil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*