Bursa Asia Kompak Ijo Royo-Royo, Nikkei Paling Top

People walk by an electronic stock board of a securities firm in Tokyo, Tuesday, Dec. 3, 2019. Asian shares slipped Tuesday, following a drop on Wall Street amid pessimism over U.S.-China trade tensions. (AP Photo/Koji Sasahara)

Bursa utama Asia-Pasifik ditutup di zona hijau pada perdagangan Kamis (18/5/2023). Bursa menghijau menyambut perkembangan positif Amerika Serikat (AS).

Indeks Nikkei 225 Jepang ditutup menguat 1,6% ke posisi 30. 573,9. Indeks Hang Seng Hong Kong naik 0,85% ke 19.727,25, dan Shanghai Composite China terapresiasi 0,40% ke 3.297,32.

Straits Times Singapura https://daftar-meja138.com/ menguat 0,43% ke 3.187,60, indeks ASX 200 Australia menguat 0,52% ke 7.236,8 dan indeks KOSPI Korea Selatan menguat 0,83% ke posisi 2.515,4.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini libur karena ada peringatan Kenaikan Isa Almasih.

HIjaunya bursa Asia merupakan imbas positif dari perkembangan plafon utang pemerintah AS.

Seperti diketahui, Presiden AS Joe Biden memastikan bahwa negara yang dipimpinnya tidak akan mengalami gagal bayar. Pasalnya parlemen telah memberi lampu hijau plafon utang akan berlanjut.

Dengan kepastian tidak ada gagal bayar maka ketidakpastian di pasar keuangan global bisa ditekan. Kekhawatiran mengenai resesi di AS juga berkurang.

AS adalah negara dengan size perekonomian terbesar di dunia sehingga apa yang terjadi di AS sangat mempengaruhi pasar keuangan global.

Kepastian mengenai kenaikan plafon utang AS disampaikan langsung oleh Ketua Parlemen AS Kevin McCarthy.

“Saya pikir, akhirnya kita tidak mengalami gagal bayar utang,” ujar McCarthy seperti dikutip CNBC Internasional, Kamis (18/5/2023

Hal senada juga disampaikan Joe Biden dalam sambutannya di Gedung Putih. “Kami akan bersatu, karena ini bukan alternatif. Setiap pemimpin di ruangan memahami konsekuensi dari kegagalan,” ujarnya.

McCarthy bertemu Selasa dengan Biden di Gedung Putih bersama Wakil Presiden Kamala Harris dan para pemimpin kongres lainnya dalam upaya untuk menuntaskan kesepakatan sebelum presiden berangkat ke Jepang.

Filipina juga mengabarkan berita positif. Sentral bank The Bangko Sentral ng Pilipinas memutuskan untuk menahan suku bunga di level 6,25%. Ini adalah kali pertama bank sentral Filipina menahan suku bunga setelah menaikkan suku bunga sebesar 425 bps sejak Mei 2022.

Indeks Nikkei menghijau setelah dana asing kembali masuk deras ke Jepang. Tokyo Stock Price Index (TOPIX) menembus 2.127,18 pada hari ini, level tertinggi sejak 1990.

Indeks melompat ditopang oleh besarnya dana asing. Setidaknya ada net buy sebesar US$ 22 miliar yang tercatat di indeks dengan pembelian terbesar ada pada saham teknologi

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*