Cara Mengatasi Link Google Form Tidak Bisa Dibuka

Google signage is seen at Google headquarter in the Manhattan borough of New York City, New York, U.S., December 17, 2018. REUTERS/Jeenah Moon

Google Form merupakan salah satu layanan dari Google yang bisa digunakan untuk membuat formulir secara online.

Pengguna bisa akses Google Form melalui docs.google.com/forms. Google Form menjadi alternatif terbaik yang bisa digunakan untuk membuat survei secara online dengan membuat berbagai pertanyaan sesuai keinginan dan kebutuhan.

Namun, terkadang pengguna mengalami masalah ketika mereka tidak dapat membuka link Google Form yang sudah dibuat. Hal pertama yang perlu dilakukan ketika link Google Form tidak bisa dibuka adalah memastikan bahwa link tersebut sudah benar.

Anda bisa periksa kembali link tersebut dan pastikan tidak ada kesalahan ketik atau tanda baca yang salah. Jika perlu, cobalah untuk menyalin dan menempelkan link tersebut untuk memastikan tidak ada kesalahan.

Pastikan Tidak Ada Pembatasan Akses

Beberapa Google Form hanya bisa diakses oleh orang-orang yang memiliki akses tertentu, seperti anggota tim atau orang yang memiliki izin khusus.

Pastikan bahwa pengguna memiliki izin untuk membuka link tersebut, dan pastikan juga bahwa pengguna sudah login ke akun Google yang tepat.

Hanya ada dua cara untuk mendapatkan izin ke formulir yang tidak dapat Anda lihat, dikutip dari keterangan Google, Rabu (3/5/2023).

1. Hubungi pemilik file secara langsung

Jika orang yang membuat formulir menggunakan aplikasi Google untuk kerja atau pendidikan, mereka harus mengubah setelan untuk Google Form.

Hubungi orang yang membuat formulir atau minta ia mengirimkan ulang kepada Anda

2. Masuk ke domain

Jika Anda menggunakan aplikasi Google melalui kantor atau sekolah, pastikan Anda masuk ke akun yang benar. Saat seseorang membuat formulir melalui kantor atau sekolah, hanya orang di organisasinya yang dapat melihat formulir tersebut. Kecuali mereka mengubah setelan menjadi formulir tidak dapat dilihat dari akun Gmail.

Anda bisa keluar dari akun Gmail Anda. Lalu masuk dengan Akun Google Anda untuk kantor atau sekolah.

Jika Anda membuat formulir dengan akun kantor atau sekolah, Anda dapat memilih apakah formulir hanya dapat diakses di dalam organisasi atau juga oleh orang di luar organisasi Anda.

Penting dicatat bahwa jika Anda menonaktifkan setelan pembatasan ini, siapa saja yang memiliki tautan dapat mengisi formulir Anda. Berikut caranya.

  • Buka formulir di Google Formulir.
  • Di bagian atas formulir, klik Pengaturan.
  • Di samping “Tanggapan”, klik panah bawah.
  • Nonaktifkan Batasi untuk pengguna di [domainanda.com] dan organisasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*