Jokowi Panggil Sri Mulyani, Perintah Siapkan THR-Gaji ke-13 PNS

Presiden Joko Widodo memanggil Menteri Keuangan Sri Mulyani ke Istana Kepresidenan Jakarta untuk membahas tunjangan hari raya (THR).

 

Jakarta, CNN Indonesia — Presiden Jokowi memanggil Menteri Keuangan Sri Mulyani ke Istana Kepresidenan Jakarta untuk membahas tunjangan hari raya (THR).
Sri Mulyani mengatakan THR untuk PNS sudah mulai disiapkan. Dia menghadap Jokowi untuk melaporkan progres.

“Saya melaporkan pada Bapak Presiden untuk persiapan pembayaran THR gaji ke-13 kan itu sudah ada di UU APBN 2024,” kata Sri Mulyani di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (19/2).

Sri Mulyani mengatakan pemerintah akan menerbitkan peraturan pemerintah (PP) khusus THR Lebaran. Dia menjamin THR akan cair pertengahan bulan Ramadan.

“Jadi, untuk proses penyusunan RPP-nya dan supaya bisa dieksekusi pada biasanya 10 hari sebelum Lebaran,” ujarnya.

Sebelumnya, pemerintah belum pernah memberikan THR secara penuh untuk ASN, TNI, dan Polri sejak pandemi Covid-19. Tahun lalu, tunjangan kinerja yang merupakan salah satu komponen THR hanya dibayar 50 persen.

Sempat muncul petisi berjudul ‘Revisi Aturan THR Tahun 2023 untuk ASN’ pada 30 Maret 2023. Namun, pemerintah tetap tak mencairkan THR secara penuh karena alasan keuangan.

“Sebagaimana telah disampaikan, pemerintah mengalokasikan THR dan Gaji ke-13 untuk aparatur negara dan pensiunan sebagai apresiasi terhadap kontribusi mereka dengan tetap memperhatikan kemampuan keuangan negara. Kita masih diliputi ketidakpastian akibat kondisi geopolitik dan ekonomi global yang dinamis,” kata Staf Khusus Menteri Keuangan Yustinus Prastowo kepada CNNIndonesia.com, 31 Maret 2023.

(dhf/agt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*