Penting! Cara Urus Warisan Aset Digital Sebelum Meninggal

Ilustrasi warga menggunakan aplikasi sosial media di Kawasan Ciputat, Tangerang Selatan, Selasa, (19/7/2022). (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Bukan cuman warisan berupa harta yang perlu disiapkan sebelum meninggal. Di era perkembangan teknologi, ada aset digital yang perlu dipersiapkan.

Dengan begitu orang yang ditinggalkan dapat mengelola foto, video, dan akun media sosial dari orang yang meninggal. Mereka tak perlu lagi menghabiskan waktu menghubungi masing-masing platform untuk mendapatkan akses akun.

Berikut beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk mengatur aset digital, dikutip dari akun Instagram Wall Street Journal, Rabu (3/5/2023):

1. Tentukan Kontak Untuk Password

Gunakan password manager untuk masukkan kontak yang bisa mengaksesnya saat Anda meninggal. Sebab menuliskan seluruh password pada akun yang digunakan tidaklah cukup, sebab bisa saja Anda lupa mengupdate informasi tersebut.

2. Tentukan Kontak Untuk Mewarisi Akun Online

Pastikan juga telah menunjuk kontak untuk mewarisi akun berbasis cloud. Jangan lupa beritahu informasi ini pada orang-orang yang ditunjuk tersebut. Jadi mereka bisa mengambil foto maupun dokumen penting lain yang disimpan.

3. Buat Rencana untuk Akun Media Sosial

Media sosial terkadang berisi seperti album foto, bagian dari diari, maupun tempat kontak pribadi maupun profesional. Semua itu mungkin bisa jadi penting bagi ahli waris nantinya.

4. Informasikan Pada Keluarga dan Kerabat

Tidak cukup hanya memberikan informasi rahasia untuk login. Namun jangan lupa bicarakan soal seluruh aset digital yang dimiliki dengan keluarga dan kerabat.

Cara Tutup Akun Instagram

Jika tidak ingin mempertahankan akun media sosial dan meneruskan pada ahli waris, Anda juga bisa menutup akunnya. Di Instagram, tutup akun bisa dilakukan secara sementara maupun permanen. Berikut cara menutup akun selamanya:

  • Akses instagram.com melalui browser di HP maupun desktop
  • Login ke akun pribadi Anda.
  • Setelah login, silahkan akses website berikut www.instagram.com/accounts/remove/permanent/ untuk hapus akun selamanya.
  • Silahkan berikan alasan Anda mengapa ingin menghapus akun secara permanen.
  • Input kata sandi untuk melakukan konfirmasi.
  • Lalu klik tombol “Delete username” untuk menghapus akun tersebut secara permanen.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*