Selamat Hari Pendidikan, Ini Tips Gaji Cekak Kuliahin Anak

Coins in glass jar with education label, books,glasses and globe on wooden table. Financial concept.

Tanggal 2 Mei diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional. peringatan Hari Pendidikan ini tentu saja mengingatkan orang tua akan  pentingnya menyekolahkan anak.

Tentunya bisa melihat anak kuliah di perguruan tinggi unggulan tentu menjadi kebahagiaan tersendiri bagi orangtua. Namun apa kabarnya jika kedua orangtua adalah seorang yang bergaji pas-pasan atau setara upah minimum provinsinya?

Gaji pas-pasan bukan berarti sama sekali tidak bisa menyekolahkan anak di perguruan tinggi terbaik. Semuanya bisa terlaksana lewat sebuah perencanaan yang baik.

Namun bagaimanakah cara efektif untuk mengumpulkan biaya pendidikan anak jenjang tinggi yang efektif dengan gaji pas-pasan? Berikut ulasannya.

Cari tahu pengeluaran biaya kuliah saat ini

Tanpa mengetahui berapa total pengeluaran yang harus dibayarkan untuk pendidikan anak jenjang tinggi, Anda tidak akan pernah tahu berapa dana yang semestinya dialokasikan ke tabungan atau instrumen investasi.

Ada baiknya untuk mencari tahu dengan bertanya langsung ke universitas yang bersangkutan atau ke kerabat.

Ketahuilah bahwa, biaya pendidikan akan mengalami kenaikan atau inflasi. Anda pun harus membuat perhitungan dari asumsi inflasi yang Anda tentukan.

Atur jangka waktu investasi

Bila saat ini anak Anda berusia 10 tahun, maka besar kemungkinan tujuh atau delapan tahun lagi Anda harus sudah memiliki uang yang cukup untuk memasukkannya ke perguruan tinggi.

Oleh karena itu, Anda memiliki waktu menabung selama tujuh hingga delapan tahun.

Dengan mengetahui jangka waktu berinvestasi atau menabung, Anda bisa menentukan instrumen investasi apa yang sebaiknya dipakai.

Semakin panjang jangka waktu investasinya, maka makin fleksibel untuk pilihan instrumennya. Sementara itu semakin pendek jangka waktu semakin disarankan bagi Anda untuk memilih instrumen dengan risiko rendah.

Bahu membahu demi terkumpulnya biaya kuliah

Jika Anda merasa gaji bulanan Anda pas-pasan, ingatlah bahwa Anda tidak sendirian dalam hal ini. Ajaklah pasangan untuk membantu Anda mengumpulkan biaya pendidikan anak.

Rutinlah dalam menabung dan berinvestasi, sisihkanlah uang ke tabungan atau instrumen investasi khusus paling tidak dalam sebulan sekali.

Semakin besar dana yang Anda sisihkan untuk pendidikan anak, maka semakin cepat pula terkumpulnya dana yang Anda butuhkan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*