Ucapan Biden Soal Utang Diragukan, Minyak Anjlok Hingga 3%!

US flags are seen at former US President Donald Trump's 2024 election campaign rally in Waco, Texas, March 25, 2023. - Trump held the rally  at the site of the deadly 1993 standoff between an anti-government cult and federal agents. (Photo by SUZANNE CORDEIRO / AFP) (Photo by SUZANNE CORDEIRO/AFP via Getty Images)

Harga minyak anjlok pada awal perdagangan Kamis (18/5/2023) karena kekhawatiran atas pembicaraan plafon utang Amerika Serikat (AS).

Harga minyak mentah WTI melemah hingga 0,48% ke posisi US$72,48 per barel sementara harga minyak mentah brent juga dibuka melemah lebih tinggi hingga 3,72% ke posisi US$74,1 per barel.

Pada perdagangan Rabu (17/5/2023), minyak WTI ditutup menguat 2,78% ke posisi US$72,83 per barel sementara minyak https://meja138apk.com/ brent juga menguat 3,18% ke posisi US$76,96 per barel.

Harga minyak turun di awal perdagangan Asia pada hari Kamis karena para pedagang dengan hati-hati mengamati tanda-tanda kemajuan pembicaraan untuk menaikkan plafon utang AS, setelah melonjak hampir 3% di sesi sebelumnya karena optimisme atas permintaan bahan bakar AS.

Penurunan tajam persediaan bensin AS karena permintaan melonjak ke level tertinggi sejak 2021, dan optimisme seputar negosiasi atas plafon utang AS.

Presiden Joe Biden dan anggota kongres utama AS dari Partai Republik Kevin McCarthy pada hari Rabu menggarisbawahi tekad mereka untuk segera mencapai kesepakatan guna menaikkan plafon utang pemerintah federal sebesar $31,4 triliun dan menghindari gagal bayar yang membawa bencana ekonomi.

Pada hari Kamis, investor “menunggu bukti lebih lanjut bahwa kesepakatan akan segera terjadi,” ucap Edward Moya, seorang analis di OANDA.

“Minyak membutuhkan sinyal yang jelas bahwa ekonomi AS akan menghindari bencana ekonomi atau informasi mengenai pemulihan China yang sedang meningkat,” tambahnya.

Hal lain yang membebani harga minyak adalah meningkatnya kemungkinan kenaikan suku bunga oleh Federal Reserve AS.

Kekuatan data ekonomi April di AS, selain meningkatkan optimisme tentang negosiasi plafon utang dan kesehatan saham perbankan regional semalam telah memperkuat ekspektasi pasar akan kenaikan lebih lanjut.

Setelah kebuntuan selama berbulan-bulan, Biden dan McCarthy pada hari Selasa setuju untuk bernegosiasi secara langsung. Kesepakatan utang perlu dicapai dan disahkan oleh kedua kamar Kongres sebelum pemerintah kehabisan uang untuk membayar tagihannya, dimana paling cepat 1 Juni 2023.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*